Senin, 03 November 2014

Dampak Perkembangan Sains dan Teknologi Terhadap Masyarakat dan Alam Indonesia.

   Dampak perkembangan sains dan teknologi terhadap masyarakat dan alam Indonesia saling bertolak belakang. Yaitu, dampaknya terhadap masyarakat bisa dikatan positif, tapi dampaknya terhadap alam berpengaruh nagatif.

   Dampak perkembangan sains dan teknologi terhadap masyarakat Indonesia sangatlah bermanfaat bagi kelangsungan hidup dan memajukan Negara Indonesia ini. seperti, berkembangnya sarana dan prasarana umum, lebih mudah memperoleh informasi, dll. Tetapi walaupun dampaknya baik bagi masyarakat, Dampak perkembangan sains dan teknologi terhadap alam Indonesia sangatlah buruk. Karena, tanpa disadari manusia telah mengeksploitasi alam secara besar-besaran untuk meningkatkan perkembangan sains dan teknologi. Padahal dengan melakukan eksploitasi secara besar-besaran dan dalam waktu yang singkat, sama saja kita membuang-buang sumber daya alam yang kita punya.
   Dalam kehidupan mungkin kita tidak bisa menyalahkan kemajuan teknologi yang sekarang di alami. Karena setiap aktivitas yang dilakukan pasti menggunakan teknologi dan kemajuan teknologi sangat berhubungan dengan sains. Di Indonesia sangat terkenal dengan sumber daya alamnya oleh karena itu dampak negatif yang diperoleh sangatlah  besar.
   Untuk mengurangi dampaknya seharusnya masyarakat Indonesia harus sadar diri dengan perbuatan yang telah dilakukannya. Salah satunya mereka harus mengurangi kegiatan eksploitasi yang bisa merusak alam di Indonesia ini. Dan masyarakat harus lebih berhati-hati dalam memanfaatkan teknologi yang ada.

1 komentar: