Jumat, 02 Mei 2014

Bahasa Indonesia 2

RESENSI NOVEL
5 CENTIMETERS PER SECOND
MAKOTO SHINKAI

       Paperback: 566 pages
       Publisher: June 26, 2012)
       Language: English
       ISBN-10: 1932234969
       ISBN-13: 978-1932234961

Judul novel diatas diambil dari laju jatuh bunga sakura yang diucapkan oleh salah satu tokoh utama yang bernama Akari pada awal cerita.
Novel ini mengambil tema yang berkisar pada jarak dan waktu yang mewarnai perjalanan antar tokoh, bahwa jarak dan waktu merupakan komponen krusial yang bisa mengubah jalan hidup seseorang.

SINOPSOSIS
Novel ini dibagi tiga babak masing-masing membawakan cerita mengenai perjalanan hidup seorang pria yang bernama Tohno Takaki beserta hubungannya dengan dua perempuan yang bernama Shinohara Akari dan Sumida Kanae.
Babak pertama: Oukashou
Bercerita tentang 2 siswa SD yang baru saja pindah ke Tokyo dan menempati kelas yang sama yaitu Takaki dan Akari. Banyaknya kesamaan membuat hubungan mereka berdua lebih dekat dari pada siswa lainnya sampai akhirnya pada usia 13 tahun, Akari pindah sekolah mengikuti orang tuanya ke daerah Tochigi yang jaraknya lumayan jauh dari Tokyo.
Ketika naik kelas 2 SMU gilirang Takaki yang pindah ke daerah Kagoshima, sehingga Takaki memutuskan untuk mengunjungi dan bertemu Akari sebelum jarak mereka semakin jauh yang memungkinkan mereka berdua semakin sulit bertemu.
Babak kedua: Kosmonauto
Cerita berkisar pada saat Takaki kelas 3 SMU di daerah Kagoshima dimana Takaki telah bertemu dengan tokoh baru, seorang cewek teman sekelas yang menjadi narator cerita yaitu Akane. Cerita berfokus pada sosok Akane yang jatuh cinta pada Takaki sejak pandangan pertama

Babak ketiga: Byousoku 5 senchimehtoru
Kali ini Takaki telah lulus sekolah dan bekerja di sebuah perusahaan.
Babak terakhir ini diawali dengan Takaki yang masih belum dapat melepaskan dirinya dari bayangan masa lalunya bersama Akari, sedangkan Akari sendiri sudah bertunangan dengan orang lain.
 ·        Alur
Alur yang digunakan adalah alur maju mundur artinya dalam cerita terjadi flashback ke masa lalu dan kejadian masa depan.
·        Penokohan
Penokohan pada buku ini digambarkan oleh penulis denagn sangat jelas. Melalui ciri-ciri fisik maupun penggambaran sifat.
·        Sudut Pandang
Sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga tunggal.
·         Gaya Bahasa
Gaya bahasa yang digunakan adalah bahasa yang mengikuti perkembangan zaman sekarang
·         Amanat
Amanat yang dapat kita ambil dari cerita tersebut adalah keputusan yang kita ambil tentunya akan menentukan kemana kita pergi, tiap orang memang memiliki kehidupan masing-masing yang sepertinya sudah memiliki takdirnya sendiri.
KELEBIHAN

  • Perbedaan yang mendasar adalah 5 CPS lebih banyak bercerita lewat gambarnya yang indah diiringi kalimat mendalam yang dibawakan oleh sang narator. Dialog antar tokoh sangatlah sederhana, mencerminkan dialog kehidupan sehari-hari sehingga kelebihan yang bertumpu pada perpaduan bahasa gambaran dan narasi yang bertutur lebih terasa kekuatannya.
KEKURANGAN

       Cerita Novel ini di akhiri dengan ending yang tidak bahagia, Akari yang perlahan namun pasti mulai menjauh dari kehidupan Tohno, Sampai lulus Sekolah dan bekerja Tohno belum bisa melepaskan bayangan masa lalunya bersama Akari, sedangkan Akari sendiri sudah bertunangan dengan orang lain. 
       Walaupun pada akhirnya, Tohno menerima kenyataan ini dan memutuskan untuk melanjutkan kehidupan mereka masing-masing.

KESIMPULAN

       Secara keseluruhan novel  ini tidaklah terlalu mengecewakan walaupun tema yang diambil cukup klise dan sering dipakai oleh novel drama remaja, yaitu tentang cinta pertama yang sulit untuk dapat dilupakan.
       Hal ini dipilih oleh  Shinkai Makoto karena Shinkai menginginkan cerita dan suasana realisme dalam novel  buatannya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar