Rabu, 09 Juli 2014

Kumpulan Artikel

Vespa Super Punya Cerita



Konflik yang telah terjadi pada tahun 1965 merupakan salah satu tonggak lahirnya Vespa Super sehingga varian Vespa pada saat itu bisa disebut dengan saksi bisu sejarah yang terjadi pada saat itu. Ada beberapa kejadian historis yang bertepatan dengan munculnya Vespa Super tersebut. Dalam postingan ini akan diberikan gambaran umumnya saja mengapa Vespa Super ini bisa disebut sebagai saksi bisu konfik berdarah dari beberapa kejadian yang berlangsung pada saat itu.
vespa super, sejarah vespa super, vespa super 1966, vespa antik
Pertama, bertepatan pada bulan Januari 1965 yang bertepatan dengan kehadiran Vespa Super tersebut ternyata muncul peperangan rivalitas dengan Negara tetangga yaitu Indonesia dan Malaysia. Pada saat itu, Australia diminta oleh Negara tetangga untuk mengirimkan pasukan ke daerah Kalimantan dan ternyata Australia pun menanggapinya dengan baik sehingga pasukan Australia turun untuk menyerang dengan kekuatan penuh yang terdiri dari 3 Resimen Kerajaan Australia serta Resimen Australian Special Air Service ditambah dnegan pasukan yang berasal dari Negara Inggris. Walupun tidak mengikuti penyerangan dengan resmi, namun unit Special Air Service masuk dengan cara sembunyi-sembunyi.
Respon dari Negara Indonesia pun tidak kalah, Pada pertengahan tahun yang sama, yaitu pada tahun 1965, pasukan resmi dari Indonesia pun mulai disiagakan sehingga pada akhirnya mereka menuju perbatasan dan masuk ke bagain timur Pulau Sebatik yang berdekatan dengan Tawau, Sabah. Tentara Indonesia ternyata harus berhadapan dengan Resimen Askar Melayu yang berlokasi di Raja serta Kepolisian North Borneo Armed Constabulary. Seiring dengan konflik tersebut, Vespa juga ternyata ikut berperang dengan cara menguasai Pasar otomotif yang ada dinusantara sehingga beberapa Varian seperti Vespa 50N, Vespa 90 Super Sprint, Vespa 125, Vespa 125 Super, Vespa 150 Super, Vespa 180 Super Sport dapat dijadikan saksi bisu dari konflik yang sedang berlangsung pada saat itu.
History berlanjut dengan adanya kekuasaan yang telah dipegang oleh Jendral Soehartopada Menjelang akhir tahun 1965. Ia memegang kekuasaan di Indonesia yang ditandai dengan adanya kudeta sehingga akibat karena konflik yang berlangsung didalam ini meluluhkan mereka untuk meneruskan perang dengan tetangga sebelah sehingga perangpun lambat-laun menjadi mereda dengan sendirinya.
Apalagi, bertepatan dengan 28 Mei 1966 diadakan konferensi Bangkok yang mempertemukan antara Kerajaan Malaysia beserta pemerintah Indonesia yang tujuannya tiada lain untuk mengumumkan bahwa konflik telah selesai. Akhirnya, kekerasan berdarahpun mulai berakhir bulan Juni di tahun yang sama. Oleh karena itu, perjanjian perdamaian pun semakin menegaskan bahwa konflik telah ditutup sehingga piagam perdamaian tersebut ditandatangani pada tanggal 11 Agustus serta diresmikan pada dua hari selanjutnya.
Mengapa varian Vespa Super tersebut dapat dijadikan tonggak sejarah? Kalau kita perhatikan memang pantas, karena Motor Vespa yang diproduksi pada tahun terjadinya konflik tersebut masih dapat ditmukan hingga pada waktu sekarang. Setuju atu tidak, itulah fakta unik sejarah yang selalu mengingatkan kita pada kejadian atau konflik yang telah terjadi antara Indonesia dan Malaysia sehingga revalistas tersebut masih berlaku hingga saat ini. Ya, Vespa Superlah salah satu saksi bisunya.

Fenomena Vespa

Lahir dari puing – puing


Selama dari tiga puluh tahun, terbukti bahwa Scooter sebagai sarana transportasi yang murah. Namun hanya sedikit yang mengetahui latar belakang lahirnya motor legendaries tersebut.

Rinaldo Piaggio( 1864-1938 ) adalah tokoh dibalik kebesaran nama Vespa , sekaligus sebagai pendiri pabrik piaggio di tahun 1881.Sebelum berkutat dalam produksi roda dua . lebih dahulu  berhasil merancang kapal dan kereta api , bahkan putra Rinaldo yang bernama Enrico Piaggio( 1905-1965) berhasil mengelola pabrik pesawat milik keluarga. Sepeninggal Rinaldo pada tahun 1938, Enrico dan Armando Piaggio bersaudara melanjutkan usaha Ayahnya lalu membagi penggelolaan empat pabrik Piaggio.

Masa kejayaan Industri Piaggio sampai terpuruk saat meletusnya perang dunia II. Pabrik pesawat dikota Pontedere dan pisa Italia yang banyak memberikan kontribusi pada angkatan udara Italia , dimana dijadikan target operasi militer sekutu, tepatnya pada tanggal 31 agustus 1943, kedua pabrik tersebut rata dengan tanah karena di luluhlantakan oleh pesawat pembom sekutu.Namun semangat membangun belum juga pudar. Untuk keluar dari bencana ini Cuma ada dua pilihan tersisa , menutup pabrik atau mengalihkan produksi , dari pesawat ke produk massal. Maklum saja, kala itu perekenomian Italia mengalami keterpurukan dan daya beli masyarakat  sangat rendah.Dari sinilah bisa kita mensuriteladani kepemimpinan Enrico. Keinginan Enrico melanjutkan produksi yang telah menjadi puing-puing tersebut bukan didasari ambisi pribadi atau keluarga.tapi lebih mendorong semangat kebangkitan kembali Italia pasca perang dunia II. Jelas untuk membangun dibutuhkan alat trnsportasi yang murah, dan gampang digunakan untuk membantu pekerjaan bergerak cepat.Maka dirancanglah Scooter , sarana transportasi roda dua yang memenuhi tuntunan pertumbuhan pasar domestik di zaman recovery industrialisasi Italia. Meski demikian Enrico tidak melupakan desain bentuk yang sama sekali baru untuk menarik minat masyarakat pekerja. Demi alasan itulah Enrico memanggil beberapa Insinyur unrtuk mengaktualasasi rencananya.

Salah satunya adalah Corradino D’Askonia yang merancang prototype pertama motor scooter yang berjuluk MP5. Tampaknya Enrico kurang puas dengan hasil karya insinyurnya dan memerintahkan untuk mendesain ulang. Selang beberapa hari Corradino kembali dengan desain model yang lain dan kali ini Enrico puas. Apalagi saat mendengar bunyi mesinnya “ sembra una vespa ( kedengarannya seperti tawon ) “ teriak Enrico. Setelah mendapat hak patent tanggal 24 april 1946 nama vespa pun diresmikan pemakaiannya sampai sekarang.

Versi lain mengatakan Vittorio casini dan Renzo Spolti-lah yang merancang prototype awal. Lantaran bentuk yang mirip karakter komik Walt Disney, Donald Duck maka diputuskan memberi nama PAPERINO, sebutan donal bebek dalm bahasa Italia.

Keberhasilan vespa tak luput dari pengalamannya sebagai pembuat pesawat terbang. Meski tidak berpengalaman merancang kendaraan roda dua , tapi justru inilah yang menjadi kelebihan mereka. Studi yang dilakukan banyak berorientasi pada probleme solving terhadap masalah yang dihadapi para pemilik motor. Misalnya soal pergantian ban,kopling yang digerakkan kaki , disamping posisi mengemudi kurang nyaman.

Selain itu dari pengalaman di bidang aeronautika, juga didapatkan penemuan spektakuler lain , seperti sumbu roda yang mirip dengan roda pesawat terbang.

Disektor struktur rangka , Vespa juga terbilang unggul dibidang teknologi yang diaplikasi motor kebanyakan . bahkan hingga saat ini struktur tanpa rangka dipandang lebih unggul ketimbang rangka stell box konvensional dan tubular. Terlebih sasis monocoque yang dipakai semua varian Vespa sejak tahun 1946  yang telah benyak diaplikasi dimotor balap.

Tidak hanya disitu . soal desain body, Vespa juga terhitung unggul dalam hal keamanan. Desain open body memungkin kaum wanita gampang mengendarainya tanpa harus mengkhawatirkan rok atau baju yang menyangkut gir atau dirantai. Bahkan ibu hamil pun dapat leluasa berkendara karena bidang terbuka yang luas.
Tak heran kalu kurun hingga waktu 1949 dilaporkan telah beredar 40.000 unit di jalanan Italia  dan beberapa Negara lain. Ditambah setelah mendapat Internationational license ( ijin internasional ) . Enrico Piaggio memulai ekspansi ke Negara lain. Puncaknya terjadi pada tuhun 1988 lebih dari 10 juta unit vespa terjual dan terus beranjak naik hingga mencapai 15 juta unit.
Meski bukanlah produsen scooter yang pertama, manun bias dikatakan vespa buah karya Enrico Piaggio adalah yang paling sukses setelah mampu bertahan dalm kurung waktu 50 tahun. Hal tersebut sebuah fenomena yang fantastis mengingat vespa lahir dari puing-puing kehancuran Italia.
Fotografi ialah lukisan melalui cahaya. Tanpa cahaya seni foto ini tidak akan berfungsi. Istilah Photography dicipta pada tahun 1839. Ketika teknologi seni foto terus berkembang bersama dengan kemajuan manusia, ilmu sangat penting bagi menjamin mutu kerja seorang seniman foto (Photografer).
Dalam buku The History of Photography karya Alma Davenport, terbitan University of New Mexico Press tahun 1991, disebutkan bahwa pada abad ke-5 Sebelum Masehi (SM), seorang pria bernama Mo Ti sudah mengamati sebuah gejala. Apabila pada dinding ruangan yang gelap terdapat lubang kecil (pinhole), maka di bagian dalam ruang itu akan terefleksikan pemandangan di luar ruang secara terbalik lewat lubang tadi. Mo Ti adalah orang pertama yang menyadari fenomena camera obscura.
Kamera mulai diperkenalkan ketika para pelukis menghadapi masalah untuk merekam gambar (potrait) sekitar abad 17 dan 18. Justru itu mereka telah mencipta kamera Obscura untuk kemudahan merekam gambar.
Akhirnya, pada tahun 1824, seorang seniman lithography Perancis, Joseph-Nicephore Niepce (1765-1833), setelah delapan jam meng-exposed pemandangan dari jendela kamrnya, melalui proses yang disebutnya Heliogravure (proses kerjanya mirip lithograph) di atas pelat logam yang dilapisi aspal, berhasil melahirkan sebuah imaji yang agak kabur, berhasil pula mempertahankan gambar secara permanent. 
Kemudian ia pun mencoba menggunakan kamera obscura berlensa, proses yang disebut ”heliogravure” pada tahun 1826 inilah yang akhirnya menjadi sejarah awal fotografi yang sebenarnya. Foto yang dihasilkan itu kini disimpan di University of Texas di Austin, AS.
Merasa kurang puas, tahun 1827 Niepce mendatangi desainer panggung opera yang juga pelukis, Louis-Jacques Mande’ Daguerre (1787-1851) untuk mengajaknya berkolaborasi. Dan jauh sebelum eksperimen Niepce dan Daguerre berhasil, mereka pernah meramalkan bahwa: “fotografi akan menjadi seni termuda yang dilahirkan zaman.”
Sayang, sebelum menunjukkan hasil yang optimal, Niepce meninggal dunia. Baru pada tanggal 19 Agustus 1839, Daguerre dinobatkan sebagai orang pertama yang berhasil membuat foto yang sebenarnya: sebuah gambar permanen pada lembaran plat tembaga perak yang dilapisi larutan iodin yang disinari selama satu setengah jam cahaya langsung dengan pemanas mercuri (neon). Proses ini disebut daguerreotype. Untuk membuat gambar permanen, pelat dicuci  glarutanaram dapur dan asir suling.
Foto pertama dibuat pada tahun 1826 selama 8 jam. Louis Jacques mande Daquerre merupakan bapak fotografi dunia (1837). Kamera Obcura merupakan kamera yang pertama kali yang dipakai untuk menggambar kemudian memotret.
Tahun 1900 seorang Juru gambar telah mencipta kamera Mammoth. Kamera ini amat besar ukurannya beratnya 1,40 0pound. Lens seberat 500 pound. Sewaktu mengubah atau memindahkannya tenaga manusia sebanyaki 15 orang diperlukan! Kamera ini menggunakan film sebesar 4 ½ x 8 kaki dengan bahan kimia sebanyak 10 gallons digunakan ketika memprosesnya.
Kamera Kodak (Eastmant Kodak) pertama kali ditemoukan leh Snapshooter 1888 di Amerika. Konstribusi fotografi ke dunia film pertama kali di pelopori oleh Eadward Muybridge. Flash atau lampu kilat pertama kali ditemukan oleh Harold E. Edgerton pada tahun 1938. Memotret benda-benda mati disebut dengan still life. Penemu negative film John Hendri Fox Talbot dari inggris. Negatif film tersebut di buat selama 40 detik dibawah terik matahari.
Tahun 1950 mulai digunakan prisma untuk memudahkan pembidikan pada kamera Single Lens Reflex (SLR), dan pada tahun yang sama Jepang mulai memasuki dunia fotografi dengan produksi kamera NIKON. Tahun 1972 mulai dipasarkan kamera Polaroid yang ditemukan oleh Epencetakan film.
Kemajuan tedwin Land. Kamera Polaroid mampu menghasilkan gambar tanpa melalui proses pengembangan dan knologi turut memacu fotografi secara sangat cepat. Kalau dulu kamera sebesar tenda hanya bisa menghasilkan gambar yang tidak terlalu tajam, kini kamera digital yang cuma sebesar dompet mampu membuat foto yang sangat tajam dalam ukuran sebesar koran.

CABANG FOTOGRAFI
Berdasarkan Obyek fotografi nya, di antaranya:
Fotografi bentang alam ( Nature / Landscape)
Dalam fotografi bentang alam obyek yang di foto adalah biasanya merupakan bentang alam, yang memiliki keindahan tersendiri atau digunakan untuk menjelaskan keadaan profil alam pada suatu daerah, dalam dunia industri foto landscape juga digunakan untuk dokumentasi pembangunan profil area ( lansekap ) dan laporan penelitian, biasanya fotografer bentang Fotografi ini mrafi satwa biasanya digunakan untuk menggali keindahan satwa dan flora dan juga mengklasifiotografi Satwa dan floraam memiliki kemampuan dan hobi traveling dan menjelajah alam
Lokasi  satwa memiliki obyek khusus satwa dan flora, dan menurut saya merupakan object yang sulit  dan terkadang menantang bahaya anda bisa bayangkan anda me motret komodo atau buaya dalam komunitasnya, fotoga dan flora

Fotografi Dokumentasi
Fotografi ini untuk mendokumentasikan suatau event atau peristiwa, biasanya setidaknya pada jaman dahulu fotografi ini tidak di tuntut dalam keindahan foto komposisi warna ataupun seni, tapi hanaya untuk melengkapi dan lebih menjelaskan suatu berita acara, akan tetapi dalam perkembangan fotografi modern fotografidokumentasi, komposisi gambar dan sentuhan seni sudah menjadi tuntutan, dan dikarenakan pada event modern time linenya pendek maka fotografer dituntut untuk tidak ketinggalan moment moment penting dalam acara tersebut

Fotografi Jurnalistik
Foto jurnalistik adalah foto yang merekam suatu berita, dan menjelaskan suatu keadaan dan peristiwa yang biasanya besar,  kekuatan foto berasal dari kemapuan foto dalam menjelaskan suatu peristiwa biasanya foto jenis ini digunakan sebagai penunjang berita teks di mediai koran atau majalah.
Dan cabang fotografi lainya yang belum di deskripsikan...
Fotografi Seni (Fine Art)
Fotografi Studio
Fotografi Udara (Aerial)
Fotografi Komersial
Fotografi Interior
Fotografi Fashion

SEJARAH FOTOGRAFI INDONESIA


Sejarah fotografi di Indonesia dimulai pada tahun 1857, pada saat 2 orang juru foto Woodbury dan Page membuka sebuah studio foto di Harmonie, Batavia. Masuknya fotografi ke Indonesia tepat 18 tahun setelah Daguerre mengumumkan hasil penelitiannya yang kemudian disebut-sebut sebagai awal perkembangan fotografi komersil. Studio fotopun semakin ramai di Batavia. Dan kemudian banyak fotografer professional maupun amatir mendokumentasikan hiruk pikuk dan keragaman etnis di Batavia.
Masuknya fotografi di Indonesia adalah tahun awal dari lahirnya teknologi fotografi, maka kamera yang adapun masih berat dan menggunakan teknologi yang sederhana. Teknologi kamera pada masa itu hanya mampun merekam gambar yang statis. Karena itu kebanyakan foto kota hasil karya Woodbury dan Page terlihat sepi karena belum memungkinkan untuk merekam gambar yang bergerak.
Terkadang fotografer harus menggiring pedagang dan pembelinya ke dalam studio untuk dapat merekam suasana hirup pikuk pusat perbelanjaan. Oleh sebab itu telihat bahwa pedagang dan pembelinya beraktifitas membelakangi sebuah layar. Ini karena teknologi kamera masih sederhana dan masih riskan jika terlalu sering dibawa kemana-mana.
Pada tahun 1900an, muncul penemuan kamera yang lebih sederhana dan mudah untuk dibawa kemana-mana sehingga memungkinkan para fotografer untuk melakukan pemotretan outdoor. Bisa dibilang ini adalah awal munculnya kamera modern.Karena bentuknya yang lebih sederhana, kamera kemudian tidak dimiliki oleh fotografer saja tetapi juga dimiliki oleh masyarakat awam.
Banyak karya-karya fotografer maupun masyarakat awam yang dibuat pada masa awal perkembangan fotografi di Indonesia tersimpan di Museum Sejarah Jakarta. Seperti namanya, museum ini hanya menghadirkan foto-foto kota Jakarta pada jaman penjajahan Belanda saja. Karena memang perkembangan teknologi fotografi belum masuk ke daerah. Salah satu foto yang dipamerkan adalah suasana Pasar Pagi, Glodok, Jakarta pada tahun 1930an. Pada awal dibangun, pasar ini hanya diisi oleh beberapa lapak pedagang saja. Ini berbeda dengan kondisi sekarang dimana Glodok merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta.
Kassian Cephas (1844-1912): Yang Pertama, yang Terlupakan
Cephas lahir pada 15 Januari 1845 dari pasangan Kartodrono dan Minah. Ada juga yang mengatakan bahwa ia adalah anak angkat dari orang Belanda yang bernama Frederik Bernard Fr. Schalk. Cephas banyak menghabiskan masa kanak-kanaknya di rumah Christina Petronella Steven (siapa). Cephas mulai belajar menjadi fotografer profesional pada tahun 1860-an. Ia sempat magang pada Isidore van Kinsbergen, fotografer yang bekerja di Jawa Tengah sekitar 1863-1875. Tapi berita kematian Cephas di tahun 1912 menyebutkan bahwa ia belajar fotografi kepada seseorang yang bernama Simon Willem Camerik.
Kassian Cephas memang bukan tokoh nasional yang dulunya menenteng senjata atau berdiplomasi menentang penjajahan bersama politikus pada zaman sebelum dan sesudah kemerdekaan. Ia hanyalah seorang fotografer asal Yogyakarta yang eksis di ujung abad ke-19, di mana dunia fotografi masih sangat asing dan tak tersentuh oleh penduduk pribumi kala itu. Nama Kassian Cephas mungkin baru disebut bila foto-foto tentang Sultan Hamengku Buwono VII diangkat sebagai bahan perbincangan.Dulu, Cephas pernah menjadi fotografer khusus Keraton pada masa kekuasaan Sultan Hamengku Buwono VII. Karena kedekatannya dengan pihak Keraton, maka ia bisa memotret momen-momen khusus yang hanya diadakan di Keraton pada waktu itu. Hasil karya foto-fotonya itu ada yang dimuat di dalam buku karya Isaac Groneman (seorang dokter yang banyak membuat buku-buku tentang kebudayaan Jawa) dan buku karangan Gerrit Knaap (sejarawan Belanda yang berjudul "Cephas, Yogyakarta: Photography in the Service of the Sultan". Dari foto-fotonya tersebut, bisa dibilang bahwa Cephas telah memotret banyak hal tentang kehidupan di dalam Keraton, mulai dari foto Sultan Hamengku Buwono VII dan keluarganya, bangunan-bangunan sekitar Keraton, upacara Garebeg di alun-alun, iring-iringan benda untuk keperluan upacara, tari-tarian, hingga pemandangan Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Tidak itu saja, bahkan Cephas juga diketahui banyak memotret candi dan bangunan bersejarah lainnya, terutama yang ada di sekitar Yogyakarta. Berkaitan dengan kegiatan Cephas memotret kalangan bangsawan Keraton, ada cerita yang cukup menarik. Zaman dulu, dari sekian banyak penduduk Jawa waktu itu, hanya segelintir saja rakyat yang bisa atau pernah melihat wajah rajanya. Tapi, dengan foto-foto yang dibuat Cephas, maka wajah-wajah raja dan bangsawan bisa dikenali rakyatnya.

Polemik KRI Usman Harun



Dalam rangka modernisasi alutsista dan memperkuat pertahanan laut, Indonesia telah membeli 3 kapal perang buatan Inggris berjenis corvet. Kapal perang ini dapat melaju dengan kecepatan 30 knot dan dipersenjatai dengan meriam kanon 76 mm sebagai senjata utamanya. Selain itu kapal ini juga dilengkapi dengan peralatan tempur canggih seperti Radar Jammer dan beberapa senjata anti pesawat tempur. Salah satu dari ketiga kapal perang tadi diberi nama KRI Usman Harun dan akan segera beroperasi mengamankan wilayah kedaulatan Indonesia.
Pemberian nama KRI Usman Harun ternyata mendapatkan protes dari pemerintah Singapura. Menurut mereka pemberian nama Usman Harun pada salah satu kapal perang TNI AL tersebut akan membuka luka lama warga Singapura. Usman dan Harun sendiri merupakan anggota KKO sekarang Marinir TNI AL yang berhasil melaksanakan misi pengeboman gedung MC Donald House di jalan Orchard Road, Singapura. Dalam aksinya tersebut, 3 orang meninggal dan puluhan luka-luka.
Pemerintah Singapura menganggap kedua orang ini adalah teroris. Sedangkan bagi kita Bangsa Indonesia kedua prajurit ini merupakan pahlawan yang telah berhasil melaksanakan tugas sewaktu konfrontasi Indonesia Malaysia pada tahun 1965 yang lampau.
Menanggapi protes yang dilayangkan pemerintah Singapura, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menjawab, Nama KRI Usman Harun tidak akan diganti. Pemberian nama tersebut telah melalui proses panjang dan pihak TNI Angkatan Laut sendiri memiliki alasan khusus mengapa mereka mengenakan nama Usman Harun pada Kapal perang mereka. Pemberian nama KRI Usman Harun merupakan hak Indonesia dan tidak boleh di intervensi oleh siapapun. Kita berhak memberikan penghargaan terhadap pahlawan kita, salah satu caranya dengan menggunakan nama mereka untuk sebuah kapal perang.
Protes Singapura ternyata berdampak pada pembatalan undangan Wamenhan Indonesia untuk menghadiri Singapore Air Show. Tim Jupiter Indonesia yang sedianya telah berada disana untuk menampilkan atraksi akrobatiknya harus batal tampil karena pembatalan undangan tersebut.


Rindu Soekarno Rindu Soeharto




Tidak tegasnya para pemimpin di Indonesia saat ini menimbulkan kerinduan pada dua pemimpin Indonesia terdahulu Soekarno dan Soeharto. Ketegasan dan cara kepemimpinan merekalah yang mengantar Indonesia menjadi negara yang maju dan bermartabat. Kerinduan ini dirasakan betul oleh rakyat yang mengalami keterpurukan saat ini dimana harga bahan pangan yang semakin mahal dan kondisi Indonesia yang tidak menentu.
Di mata dunia, Indonesia menjadi negara yang kurang dihargai, terlebih oleh negara-negara tetangga. Banyak bukti yang bisa dipaparkan perihal itu. Beda di jaman Soekarno dimana Indonesia benar-benar gigih mempertahankan kedaulatannya dan menunjukkan ketangguhannya. Indonesia benar-benar mendapat perhatian dunia, dibuktikan dengan dijadikannya Indonesia sebagai pelaksana KTT pada waktu itu.
Pada masa Soeharto, Indonesia mengalami perubahan yang signifikan. Indonesia mengalami pembangunan pesat dan dimulainya pemerataan ekonomi. Harga bahan pangan stabil, dan kondisi keamanan Indonesia lebih terjamin. Soeharto mampu meredam gejolak sehingga kondisi di Indonesia lebih tenteram. Di masa itu Indonesia berada pada kestabilan pangan dan kesejahteraan.Meskipun pada akhirnya mendapat cerca, namun kini kedua pemimpin tersebut mendapat puja.
Kerinduan pada kedua pemimpin tersebut menghadirkan sesuatu yang unik, sampai sekarang stiker, poster dan baju kaos bergambar Soekarno dan Soeharto kembali marak diperdagangkan. Yang paling populer saat ini adalah gambar mantan presiden Soeharto yang bertuliskan ” Piye Kabare Bro, Penak Jamanku toh” di berbagai media. Gambar dan tulisan ini muncul di baju-baju kaos, bodi belakang truk dan angkutan umum.
Kerinduan pada sosok mantan presiden RI pertama Soekarno muncul lewat film Soekarno. Film ini mengingatkan kita bagaimana perjuangan para pendahulu sekaligus mengobati rasa rindu akan kepemimpinan sosok seorang Soekarno. Digarap oleh sutradara Hanung Bramantio, film ini menjadi sebuah suguhan yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain diperankan oleh aktor dan aktris kenamaan, OST (original sountrack ) film ini juga sangat bagus untuk didengarkan terutama bagi Anda yang gemar mendengar lagu-lagu perjuangan. Salah satu OST Soekarno adalah lagu wanita yang dinyanyikan oleh Afgan. Kolaborasi film dan original soundtracknya benar-benar akan membawa Anda pada masa perjuangan Indonesia dulu.
Semoga di 2014 ini, Indonesia menuju perubahan yang lebih baik dan dipimpin oleh pemimpin yang berani, tegas dan peduli akan nasib rakyat.

Sumber : http://www.kumpulanartikelindonesia.com/rindu-soekarno-rindu-soeharto.html#more-1842


Cara Buat Search Engine Unik


Mesin pencari atau search engine seperti  Google, Yahoo dan Bing tentunya sudahtidak  asing bagi Anda yang sering berinternetan. Bahkan untuk mencari kata kunci atau browsing di mesin pencari  google, orang sudah punya istilah tersendiri untuk itu. Istilah googling telah populer digunakan untuk mencari sesuatu di google.
Dengan funnylogo kita juga bisa membuat mesin pencari seperti google dan yahoo menggunakan  nama kita sendiri dengan mudah. Tidak harus memiliki keterampilan khusus seperti menguasai bahasa pemrograman, desain web dan sebagainya. Kita bisa memilih font (model tulisan) seperti google, yahoo, harry potter, mickey mouse, dan lain-lain. Lumayanlah untuk sekedar gaya-gayaan.
caranya sangat mudah, silahkan kunjungi funnylogo
Anda akan disuguhkan seperti ini :

Untuk langkah selanjutnya silahkan masukkan nama yang Anda inginkan pada kolom yang telah disediakan. Setelah itu silahkan pilih logo yang Anda inginkan misalnya yahoo. Kemudian klik create my search engine.
Sebagai contoh saya membuat halaman search engine kumpulan artikel indonesia dengan model logo yahoo berikut ini :
http://funnylogo.info/engines/Yahoo/Red/Kumpulan%20Artikel%20Indonesia.aspx



Istilah Remaja Cabe Cabean dan Ciri Cirinya




Setelah sebelumnya istilah Alay dan Jablay ngetrend, kini  giliran istilah cabe-cabeanyang makin populer saat ini. Istilah remaja  ini muncul pertama kalinya di dunia balap liar kemudian merebak kemana-mana.
Istilah  cabe-cabean ditujukan pada gadis belia usia SMP atau SMA yang doyan keluyuran di malam hari dan eksis di dunia balap liar. Sedangkan untuk remaja laki-laki diberi julukan terong-terongan.  Fenomena  remaja-remaja ini pun makin memprihatinkan  di beberapa kota besar.
Berikut ini ciri-ciri cabe-cabean menurut beberapa sumber :
Mengenakan Behel untuk Bergaya
Behel harusnya dipergunakan untuk orang yang bermasalah dengan susunan atau model giginya yang kurang rapi atau sedikit menonjol. Namun beda halnya dengan remaja cabe-cabean. Mereka biasanya menggunakan behel hanya untuk bergaya itupun umumnya dipasang di tukang gigi atau ahli gigi bukan di dokter gigi.
Berpakaian Minim dan Urakan
Cabe-cabean sukanya keluar dengan menggunakan pakaian minim seperti baju ketat dan hotpants yang akan menunjukkan lekukan pantat dan menonjolkan bagian kemaluannya.  Lebih aneh lagi jika mereka berpakaian seragam sekolah. Lazimnya untuk seorang siswi,  rok dikenakan sepinggang dan panjangnya sampai ke mata kaki. Untuk mereka, rok sekolah dikenakan diatas perut. Tujuannya ya supaya payudaranya lebih terlihat menonjol.
Hobi Ugal-Ugalan dan Main Hp Sambil Naik Motor
Kebiasaan buruk berkendara adalah sambil berkendara main handphone. Nah kebiasaan ini pula yang biasanya dilakukan oleh cabe-cabe, belum lagi mereka senang naik motor berboncengan 3 atau empat orang.
Penuh Manipulasi
Jika melihat akun FB atau media sosial mereka, Anda akan disuguhkan dengan foto profil cantik yang akan membuat Anda terkesima. Tidak jarang juga dengan  gaya yang mengundang syahwat. Setelah kenal dan janjian ketemuan, ternyata jauh berbeda dari apa yang Anda harapkan.
Senang Pacaran Ditempat yang tak lazim
Biasanya orang kalau mau pacaran pilihnya di cafe, bioskop atau tempat-tempat yang indah. Beda halnya dengan remaja ini, mereka lebih memilih pacaran di sudut sudut jalan yang sepi dengan lampu remang, di pasar malam atau di fly over. Itu pun dengan mengenakan dandanan yang harusnya di pakai kalau mau ke undangan.
Fenomena ini timbul karena kurangnya perhatian dan pengawasan orang tua. Hal ini juga dipengaruhi minimnya pendidikan moral dan etika yang diberikan kepada remaja. Orang tua harusnya lebih peka terhadap kondisi jaman sekarang ini dan mencegah anak-anak mereka salah bergaul dan berprilaku tidak sopan.
Media juga harusnya turut andil dalam memberikan tayangan-tayangan yang edukatif sehingga tidak memberikan pengaruh buruk pada pemirsanya utamanya untuk  usia remaja.
Demikian informasi tentang cabe-cabean, semoga artikel ini dapat membantu anda lebih mengenal tentang istilah remaja saat ini.


Lima Jenis Power dalam Kepemimpinan



Leadership dalam kacamata barat dapat disebut sebagai kemampuan seseorang untuk mempengaruhi jalan pikiran orang lain dengan menggunakan power yang ada padanya. Jadi tujuannya adalah mempengaruhi jalan pikiran orang lain agar mereka berpihak padanya dan mendukungnya. Alatnya adalah power yang dimiliki. Power sendiri pada prinsipnya memiliki lima jenis yaitu :
Pertama Legitimate Power, yaitu sebuah power yang dimiliki karena jabatan resmi yang disandang.
Kedua Charismatic Power, yaitu suatu kelebihan khusus yang membuat orang disekelilingnya hormat padanya, meski ia tidak menyandang sebuah jabatan.
Ketiga Coersive Power yaitu power yang mengandalkan ” kumis melintang, suara menggelegar, dan otot yang mengancam”.
Keempat Expert Power yaitu sebuah power yang dimiliki karena ia adalah seorang ahli di bidangnya
Kelima Referent Power yaitu power yang mengandalkan pengaruh orang diatasnya, dan biasanya diwujudkan dengan mengutip setiap pernyataan pimpinannya.
Setiap pemimpin biasanya memiliki lebih dari satu jenis power di atas.



Perjalanan Karir Dono Warkop DKI




Bagi Anda pecinta komedi Indonesia tentunya sudah mengenal nama Dono Warkop. Berikut ini kami sajikan perjalanan Dono Warkop dalam meniti karirnya sebagai pelawak legendaris di Indonesia :
Di era 80-an hingga 90-an nama Warkop DKI selalu dinanti. Kemunculan film warkop yang biasanya dirilis menjelang libur lebaran dan tahun baru selalu ditunggu oleh para penggemarnya. Nama Warkop DKI semakin melejit berkat film-film komedi mereka yang mengandalkan komedi slap slit dan perempuan-perempuan cantik.
Keterlibatan almarhum Wahyu Sardono dalam Warkop lantaran ajakan Kasino yang sudah terlebih dahulu bergabung dalam Warkop Prambors bersama Nanu dan Rudi Badil. Melihat wajah Dono yang terkesan ndeso dengan logat Jawa yang kental Kasino mengajak Dono menjadi anggota Warkop satu tahun setelah Warkop Prambors terbentuk di tahun 1973.
Berawal dari acara obrolan malam di warung kopi yang disiarkan di Prambors, nama Warkop pun semakin banyak dikenal orang. Humor cerdas dan lawakan yang sedikit menyentil pemerintah, tawaran demi tawaran pun mendatangi Warkop.  Ketika ketenaran mulai menghampiri Dono dan kawan-kawannya, mereka kemudian di daulat untuk tampil di panggung.
Hal ini mengakibatkan salah seorang personilnya yang mengalami demam panggung yaitu Rudi Badil memilih mengundurkan diri. Dan setelah mengalami beberapa kali syuting Nanu pun akhirnya mengundurkan diri. Dengan tiga personil yang tersisa yaitu Dono, Kasino dan Indro mereka pun melanjutkan langkahnya dan mencatatkan diri sebagai grup lawak nomor 1 di Indonesia dengan mengusung nama Warkop DKI.
Sepeninggal dua anggotanya yaitu Nanu dan Kasino untuk selamanya, Warkop DKI harus kembali berduka dengan berpulangnya Dono. Dono warkop menutup usia di Rumah Sakit Saint Carolus pada tanggal 30 Desember 2001. Dono yang menderita kanker paru-paru sempat dilarikan ke rumah sakit satu hari sebelumnya dari rumah salah seorang anggota keluarganya yang  terletak di Bogor.
Sebelumnya Dono yang sedang sibuk syuting sinetron  bersama Indro beberapa kali menjalani perawatan. Dono juga sempat menjalani operasi tumor di Jakarta pada tanggal 25 September 2000. Sejak itu Dono harus berulang kali ke dokter untuk menyembuhkan penyakitnya.
Sejak penyakitnya kambuh kondisi Dono semakin memburuk. Pada saat-saat terakhir dokter di rumah sakit mencoba mengeluarkan cairan sudah memenuhi kedua paru-parunya. Namun Tuhan berkehendak lain, dihadapan Indro dan Rudi Badil, Dono menghembuskan nafas terakhirnya. Jenasah Almarhum Wahyu Sardono dimakamkan di TPU tanah kusirJakarta.

Sumber : http://www.kumpulanartikelindonesia.com/perjalanan-karir-dono-warkop-dki.html#more-1754


Tradisi Samurai Jepang Harakiri



 Jika Anda pernah menonton film samurai atau pernah belajar kebudayaan Jepang tentu tidak asing lagi dengan istilah harakiri. Harakiri atau yang dikenal juga dengan istilah Seppuku merupakan salah satu tradisi kebanggaan di Jepang.  Harakiri berasal dari kata Hara atau perut dan kiri yang artinya memotong. Sehingga harakiri dapat diartikan membelah perut sendiri dengan pedang.
Tradisi harakiri biasanya dilakukan oleh prajurit berkelas seperti Samurai untuk menunjukkan kesetiaannya. Harakiri atau seppuku juga dianggap sebagai cara mengekspresikan kehilangan kehormatan dengan bantuan katana (pedang samurai). Inilah prinsip kehormatan yang dipegang oleh kesatria Jepang jaman dulu.
Ritual bunuh diri ini pun tidak dilakukan dengan sembarangan.  Seorang samurai diharuskan untuk mandi terlebih dahulu kemudian mengenakan jubah putih dan diperkenankan untuk makan makanan favoritnya untuk terakhir kali sebelum ritual bunuh diri ini dilaksanakan.
Dalam menjaga malunya, seorang pelaku harakiri akan didampingi oleh seorang kaishakunin (pelayan) yang Ia pilih sendiri. Kaishakunin bertugas melepas kimono dan menyediakan pedang untuk samurai.  Harakiri begitu menyakitkan sebab setelah samurai merobek perutnya sendiri, Ia akan menunggu datangnya kematian sejalan dengan habisnya darah dari dalam tubuhnya. Dan jika dalam proses harakiri sang samurai merasa kesakitan atau menjerit hal ini sangat memalukan. Untuk itu kaishakunin yang  bertugas untua memek menjaga malu pelaku harakiri dengan mempercepat proses kematiannya. Kaishakunin dengan segernggal kepala sang samurai sesaat setelah Ia merobek perutnya,

Sumber : http://www.kumpulanartikelindonesia.com/tradisi-samurai-jepang-harakiri.html#more-1748



Tidak ada komentar:

Posting Komentar