Definisi Layanan Telematika
Layanan
Telematika merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis jaringan yang didasarkan pada system
telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu
contoh Telematika.
Layanan -
layanan yang terdapat pada Telematika adalah:
a. Layanan
Telematika di Bidang Informasi.
Penggunaan
Telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiskinan dan kesenjangan,
serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi Telematika
juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya, serta
meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat.
b.
Layanan
Telematika di Bidang Keamanan.
Layanan
telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan
fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang
berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan
kejahatan.
c.
Layanan
Context Aware dan Event-Based.
Dalam
ilmu computer dinyatakan bahwa perangkat computer memiliki kepekaan dan
dapat bereaksi terhadap lingkungan
sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan - aturan tertentu yang tersimpan di
dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994
dengan istilah Context - Awareness. Context - Awareness adalah kemampuan
layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter
yang relevan dari pengguna (user) dan
penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter - parameter itu. Beberapa konteks
yang dapat digunakan Antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai
preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
d.
Layanan
Perbaikan Sumber (Rwsource Discovery Service).
Layanan
telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery
Service (RDS) adalah layanan untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan.
RDS juga berfungsi dalam pengindeksan
lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Teknologi
Yang Terkait Interface Telematika.
Interface
telematika adalah atribut sensor dari pertemuan sistem jaringan komunikasi dan
teknologi informasi yang berhubungan dengan pengoperasian oleh pengguna. Ada
enam buah tenologi yang terkait dengan interface telematika, yaitu :
1.
Head
Up Display Sistem
Head Up
Display atau disingkat HUD adalah setiap tampilan yang transparent menyajikan
data tanpa memerlukan pengguna untuk melibat diri dari sudut pandang atau yang
biasa
2.
Tangible
User Interface.
Tangible
User Interface (YUI) adalah sebuah antar muka pengguna dimana seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui
lingkungan fisik. Sebuah TUI adalah salah satu teknologi dimana pengguna
berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi obyek fisik terkait dan
langsung mewakili kualitas sistem tersebut.
3.
Computer
Vision.
Computer
Vision adalah ilmu dan teknologi mesin yang melihat, dimana mesin mampu
mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
tertentu sebagai suatu disiplin ilmu, visi computer berkaitan dengan teori
dibalik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar.
4.
Browsing
Audio Data.
Browsing
Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / Audio datayang ditangkap
oleh sebuah IP kamera. Sebuah computer local digabungkan ke LAN (Local Area Network)
untuk mendeteksi IP kamera.
5.
Speech
Recognition.
Speech
Recognition adalah proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan
dengan melakukan konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh audio
device (perangkat input suara). Speech Recognition juga merupakan sistem yang
digunakan untuk mengenali perintah kata dari suara manusia dan kemudian
diterjemahkan menjadi suatu data yang dimengerti oleh computer.
6.
Speech
Synthesis.
Speech
Synthesis adalah transformasi dari teks kea rah suara (speech). Transformasi
ini mengkonversi teks ke pemadu suara (Speech Synthesis) yang sebisa mungkin
dibuat menyerupai suara nyata, disesuaikan dengan aturan - aturan pengucapan
Bahasa.
Kesimpulan
:
Kesimpulan yang didapat dalam materi ini yaitu bahwa
layanan telematika itu adalah sebuah media yang digunakan untuk melakukan
berbagai hal yang dapat merugikan atau menguntungkan dari penggunanya. Salah satu
contohnya yaitu internet dari internet pengguna layanan bisa melakukan hal apa
saja yg dibutuhkan dari hiburan, informasi, pendidikan dan masih banyak
lainnya. Layanan telematika sangat membantu untuk kehidupan dalam mencangkup
hal yang positif. Layanan telematika dapat dioperasikan jika alat yang
dibutuhkan untuk layanan sudah dipenuhi. Alat-alat tersebut terkait dengan
tampilan dari layanan maka jika alat tersebut tidak ada tampilan layanan pun
tidak ada. Mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini pengguna layanan telematika
dapat mengerti apa yang harus dimanfaatkan dari layanan tersebut.
Sumber : http://www.scribd.com/doc/244554797/tugas-2-TELEMATIKA-pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar