Sabtu, 01 November 2014

Layanan Telematika

Definisi Layanan Telematika
Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis  jaringan yang didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh Telematika.

Layanan - layanan yang terdapat pada Telematika adalah:

a.     Layanan Telematika di Bidang Informasi.
Penggunaan Telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiskinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi Telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya, serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat.

b.        Layanan Telematika di Bidang Keamanan.
Layanan telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.

c.         Layanan Context Aware dan Event-Based.
Dalam ilmu computer dinyatakan bahwa perangkat computer memiliki kepekaan dan dapat  bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan - aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah Context - Awareness. Context - Awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari  pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan  parameter - parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan Antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.

d.        Layanan Perbaikan Sumber (Rwsource Discovery Service).
Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah layanan untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. RDS juga  berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan  penemuan.

Teknologi Yang Terkait Interface Telematika.
Interface telematika adalah atribut sensor dari pertemuan sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi yang berhubungan dengan pengoperasian oleh pengguna. Ada enam buah tenologi yang terkait dengan interface telematika, yaitu :

1.        Head Up Display Sistem
Head Up Display atau disingkat HUD adalah setiap tampilan yang transparent menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk melibat diri dari sudut pandang atau yang biasa

2.        Tangible User Interface.
Tangible User Interface (YUI) adalah sebuah antar muka pengguna dimana seseorang  berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem tersebut.

3.        Computer Vision.
Computer Vision adalah ilmu dan teknologi mesin yang melihat, dimana mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu sebagai suatu disiplin ilmu, visi computer berkaitan dengan teori dibalik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar.

4.        Browsing Audio Data.
Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk  browsing video / Audio datayang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Sebuah computer local digabungkan ke LAN (Local Area Network) untuk mendeteksi IP kamera.

5.        Speech Recognition.
Speech Recognition adalah proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan dengan melakukan konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh audio device (perangkat input suara). Speech Recognition juga merupakan sistem yang digunakan untuk mengenali perintah kata dari suara manusia dan kemudian diterjemahkan menjadi suatu data yang dimengerti oleh computer.

6.        Speech Synthesis.
Speech Synthesis adalah transformasi dari teks kea rah suara (speech). Transformasi ini mengkonversi teks ke pemadu suara (Speech Synthesis) yang sebisa mungkin dibuat menyerupai suara nyata, disesuaikan dengan aturan - aturan pengucapan Bahasa.

Kesimpulan :
Kesimpulan yang didapat dalam materi ini yaitu bahwa layanan telematika itu adalah sebuah media yang digunakan untuk melakukan berbagai hal yang dapat merugikan atau menguntungkan dari penggunanya. Salah satu contohnya yaitu internet dari internet pengguna layanan bisa melakukan hal apa saja yg dibutuhkan dari hiburan, informasi, pendidikan dan masih banyak lainnya. Layanan telematika sangat membantu untuk kehidupan dalam mencangkup hal yang positif. Layanan telematika dapat dioperasikan jika alat yang dibutuhkan untuk layanan sudah dipenuhi. Alat-alat tersebut terkait dengan tampilan dari layanan maka jika alat tersebut tidak ada tampilan layanan pun tidak ada. Mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini pengguna layanan telematika dapat mengerti apa yang harus dimanfaatkan dari layanan tersebut.


Sumber : http://www.scribd.com/doc/244554797/tugas-2-TELEMATIKA-pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar