BAB II
Penentuan Harga
Permintaan dan Penawaran
1. Pendahuluan
Beberapa orang menganggap bahwa
ilmu ekonomi adalah ilmu yang dimulai dan diakhiri dengan hukum permintaan dan
penawaran. Anggapan ini terlalu mengandalkan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang sederhana.
Akan tetapi hukum yang dikenal dengan hukum penawaran dan permintaan memang
merupakan bagian yang terpenting dalam pemahaman kita mengenai pasar. Pertama
kita perlu mengetahui apa faktor saja yang mempengaruhi permintaan dan
penawaran, berikutnya kita dapat melihat bagaimana permintaan dan penawaran
membentun harga pasar. Makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas
yang diberikan dan mengetahui permintaan dan penawaran dalam proses
terbentuknya harga serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
2. Pengertian
a.
Penawaran
Jumlah barang atau komoditi yang
diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu
pasar ekonomi
Faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu :
-
Harga barang itu sendiri
-
Harga sumber produksi
-
Tingkat produksi
-
Ekspektasi /perkiraan
b.
Permintaan
Jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk
dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar
ekonomi
Faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu:
-
Harga barang itu sendiri
-
Harga barang lain yang berkaitan
-
Tingkat pendapatan
-
Selera konsumen
-
Ekspektasi/perkiraan
3. Hukum permintaan dan penawaran
a.
Hukum permintaan
Hukum permintaan adalah makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit
jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin
banyak jumlah barang yang diminta. Adanya kenaikan permintaan menyebabkan
kenaikan harga pada harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium. Penurunan
permintaan akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium maupun kuantitas
ekuilibrium.
Kurva permintaan adalah suatu
kurve yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dan jumlah
barang tersebut yang diminta oleh para pembeli. Kurve permintaan dibuat
berdasarkan data riil di masyarakat tentang jumlah permintaan suatu barang pada
berbagai tingkat harga, yang disajikan dalam bentuk table.
b.
Hukum penawaran
Hukum penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak
jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah
harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Kenaikan harga
penawaran akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium dan menyebabkan kenaikan
kuantitas ekuilibrium. Penurunan penawaran menyebabkan kenaikan harga
ekuilibrium dan menyebabkan penurunan kuantitas ekulibrium
Kurva penawaran adalah garis yang menghubungkan titik-titik pada tingkat
harga dengan jumlah barang/jasa yang ditawarkan. Kurva penawaran bergerak dari
kiri bawah ke kanan atas yang menunjukkan bahwa jika harga barang tinggi, para
penjual atau produsen akan menjual dalam jumlah yang lebih banyak. Di bawah ini
gambar kurva permintaan dan penawaran dengan data yang ada.
4. Harga keseimbangan
a.
Pengertian
Harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva penawaran. Terbentuknya
harga dan kuantitas keseimbangan dipasar merupakan hasil kesepakatan antara
pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) dimana kuantitas yang diminta dan
yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya
titik kesimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan
pihak penjual dalam menentukan harga
b.
Cara menentukannya
Untuk menentukan keadaan keseimbangan pasar kita dapat mengabungkan tabel
permintaan dan tabel penawaran menjadi tabel permintaan dan penawaran. Keadaan
keseimbangan pasar dapat ditentukan dengan menggabungkan kurva permintaan dan
kurva penawaran menjadi kurva permintaan dan penawaran. Keadaan keseimbangan
dapat pula ditentukan secara matematik ,yaitu dengan memecahkan persamaan
permintaan dan persamaan penawaran secara serentak atau simultan.
5.
Contoh soal
a.
Jelaskan pengertian permintaan dan faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan
Jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk
dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar
ekonomi
Faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu:
-
Harga barang itu sendiri
-
Harga barang lain yang berkaitan
-
Tingkat pendapatan
-
Selera konsumen
-
Ekspektasi/perkiraan
b.
Jelaskan hukum penawaran
Hukum penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak
jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah
harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Kenaikan harga
penawaran akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium dan menyebabkan kenaikan
kuantitas ekuilibrium. Penurunan penawaran menyebabkan kenaikan harga
ekuilibrium dan menyebabkan penurunan kuantitas ekulibrium
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar