Jumat, 22 Maret 2013

TEORI ORGANISASI UMUM 2 BAB II


BAB II
Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran 
1.       Pendahuluan
Beberapa orang menganggap bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang dimulai dan diakhiri dengan hukum permintaan dan penawaran. Anggapan ini terlalu mengandalkan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang sederhana. Akan tetapi hukum yang dikenal dengan hukum penawaran dan permintaan memang merupakan bagian yang terpenting dalam pemahaman kita mengenai pasar. Pertama kita perlu mengetahui apa faktor saja yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, berikutnya kita dapat melihat bagaimana permintaan dan penawaran membentun harga pasar. Makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan dan mengetahui permintaan dan penawaran dalam proses terbentuknya harga serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.


2.       Pengertian
a.       Penawaran
Jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi
Faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu :
-          Harga barang itu sendiri
-          Harga sumber produksi
-          Tingkat produksi
-          Ekspektasi /perkiraan
b.      Permintaan
Jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi
Faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu:
-          Harga barang itu sendiri
-          Harga barang lain yang berkaitan
-          Tingkat pendapatan
-          Selera konsumen
-          Ekspektasi/perkiraan

3.       Hukum permintaan dan penawaran
a.       Hukum permintaan
Hukum permintaan adalah makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta. Adanya kenaikan permintaan menyebabkan kenaikan harga pada harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium. Penurunan permintaan akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium.

Kurva permintaan  adalah suatu kurve yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dan jumlah barang tersebut yang diminta oleh para pembeli. Kurve permintaan dibuat berdasarkan data riil di masyarakat tentang jumlah permintaan suatu barang pada berbagai tingkat harga, yang disajikan dalam bentuk table.

b.      Hukum penawaran
Hukum penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Kenaikan harga penawaran akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium dan menyebabkan kenaikan kuantitas ekuilibrium. Penurunan penawaran menyebabkan kenaikan harga ekuilibrium dan menyebabkan penurunan kuantitas ekulibrium
Kurva penawaran adalah garis yang menghubungkan titik-titik pada tingkat harga dengan jumlah barang/jasa yang ditawarkan. Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas yang menunjukkan bahwa jika harga barang tinggi, para penjual atau produsen akan menjual dalam jumlah yang lebih banyak. Di bawah ini gambar kurva permintaan dan penawaran dengan data yang ada.

4.       Harga keseimbangan
a.       Pengertian
Harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan dipasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) dimana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik kesimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga
b.      Cara menentukannya
Untuk menentukan keadaan keseimbangan pasar kita dapat mengabungkan tabel permintaan dan tabel penawaran menjadi tabel permintaan dan penawaran. Keadaan keseimbangan pasar dapat ditentukan dengan menggabungkan kurva permintaan dan kurva penawaran menjadi kurva permintaan dan penawaran. Keadaan keseimbangan dapat pula ditentukan secara matematik ,yaitu dengan memecahkan persamaan permintaan dan persamaan penawaran secara serentak atau simultan.
5.       Contoh soal
a.       Jelaskan pengertian permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
Jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi
Faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu:
-          Harga barang itu sendiri
-          Harga barang lain yang berkaitan
-          Tingkat pendapatan
-          Selera konsumen
-          Ekspektasi/perkiraan

b.      Jelaskan hukum penawaran
Hukum penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Kenaikan harga penawaran akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium dan menyebabkan kenaikan kuantitas ekuilibrium. Penurunan penawaran menyebabkan kenaikan harga ekuilibrium dan menyebabkan penurunan kuantitas ekulibrium

Sumber :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar